Kurniyanto, Rizki Ihsan (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ATLETIK (LARI JARAK PENDEK) PADA PESERTA DIDIK KELAS X-11 DI SMAN 9 DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2016011021-COVER.pdf Download (861kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011021-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011021-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016101021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011021-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK Materi Atletik (Lari Jarak Pendek) menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Peserta Didik kelas X-11 di SMA Negeri 9 Denpasar. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X-11 berjumlah 39 orang dengan rincian 18 putra dan 21 putri. Metode pengumpulan data dengan observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil belajar secara klasikal pada materi lari jarak pendek siklus 1 tuntas 20 orang (51,2%), tidak tuntas 19 orang (48,8%) sedangkan pada siklus II tuntas 36 orang (92,2%), tidak tuntas 3 orang (7,8%), dengan demikian terjadi peningkatan antar siklus sebesar 41,02%. Disimpulkan berdasarkan analisis data tersebut bahwa hasil belajar PJOK materi atletik (lari jarak pendek) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Implikasi penelitian ini diharapkan guru PJOK dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT karena dapat meningkatkan hasil belajar atletik (lari jarak pendek).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TGT, hasil belajar, lari jarak pendek. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Rizki Ihsan Kurniyanto |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 09:46 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 09:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21559 |
Actions (login required)
View Item |