Trinita, Ni Putu Anggei (2024) Pengembangan Media Interactive Virtual Laboratory Simulator (Invilator) menggunakan Adobe Animate pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013041005-COVER.pdf Download (424kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013041005-ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013041005-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan rancang bangun, validitas, dan kepraktisan media virtual laboratory yang menggunakan adobe animate pada materi sistem sirkulasi kelas XI. Karena keterbatasan jenis penelitian ini, yang menggunakan model instruksional ADDIE, terdiri dari tiga tahapan yaitu analisis (analyze), perancangan (design), dan pengembangan (development). Uji yang dilakukan yaitu uji oleh dua ahli bidang materi dan dua ahli dalam bidang media, serta uji kepraktisan dilakukan oleh 3 guru biologi (uji coba perorangan) dan 12 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Melaya (uji coba kelompok kecil). Subyek uji cobanya yaitu siswa yang mempunyai kemampuan kognitif tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan, (1) rancang bangun penelitian pengembangan menghasilkan produk media virtual laboratory menggunakan adobe animate pada materi sistem sirkulasi kelas XI; (2) Validitas media dari aspek materi dan media termasuk kriteria sangat valid dengan skor nilai 4,58; dan (3) Kepraktisan media yang dilakukan termasuk kriteria sangat praktis, karena mendapatkan nilai persentase sebesar 96,97% (3 guru biologi) dan sebesar 92,5% (kelompok kecil). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media virtual laboratory sangat layak dan dapat digunakan secara praktis sebagai media pembelajaran alternatif untuk membantu memfasilitasi kegiatan pembelajaran, terutama materi yang termasuk sistem sirkulasi kelas XI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Invilator, Media, Sistem Sirkulasi, Virtual Laboratory |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Anggei Trinita |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 18:29 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 18:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21790 |
Actions (login required)
View Item |