Pratiwi, Ni Luh Putu Ari (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051093-COVER.pdf Download (468kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051093-ABSTRAK.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051093-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051093-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051093-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Abstrak – penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan implementasi media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Sawan. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Sawan dengan jumlah responden 15 orang dan satu orang guru pengampu mata pelajaran sistem komputer. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, dan angket uji coba lapangan, serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil media untuk uji kevalidan media e-learning diperoleh dari hasil perhitungan rata-rata uji ahli isi, ahli desain dan ahli media media pembelajaran memperoleh rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas media e-learning diperolah nilai N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas media e-learning diperoleh skor sebesar 0,76 dengan kriteria efektif , untuk respon guru memperoleh rata-rata 48 dan utuk respon peserta didik memperoleh rata-rata 70,07 dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan media e-learning telah memenuhi kriteria untuk kualitas produk yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kata Kunci: media e-learning, model pembelajaran blended learning, model ADDIE
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media e-learning, model pembelajaran blended learning, model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Ari Pratiwi |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 06:38 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 06:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2183 |
Actions (login required)
View Item |