Putra, I Komang Adi (2024) PENGEMBANGAN LKS BERORIENTASI MODEL PJBL BERBANTUAN SCRATCH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2223011014-COVER.pdf Download (848kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2223011014-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223011014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (349kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223011014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223011014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2223011014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2223011014-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKS berorientasi model PjBL berbantuan Scratch pada materi Teorema Pythagoras yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan prosedur penelitian Plomp, terdiri dari fase: preliminary research, prototyping, dan assessment. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Utara. Instrumen penelitian ini: (1) Lembar validitas untuk menguji validitas LKS; (2) Lembar kepraktisan untuk mengukur kepraktisan LKS; (3) Tes essay dan lembar observasi, serta angket disposisi matematis untuk mengukur keefektifan LKS. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Validitas LKS mencapai kriteria sangat valid dengan skor 3,75 dari skor maksimum 4,00, kepraktisan LKS mencapai kriteria sangat praktis dengan skor 4,31 dari skor maksimum 5,00, keefektifan LKS mencapai N-Gain 0,66 (kemampuan pemecahan masalah) dan 0,69 (disposisi matematis) dengan kriteria cukup efektif untuk kedua hal tersebut. (2) Karakteristik LKS memuat aktivitas berpikir komputasi dengan Scratch yang meningkatkan indikator minat belajar dan kepercayaan diri siswa, serta memuat aktivitas pengerjaan proyek yang diselesaikan dengan fase PjBL menggunakan Scratch terdiri dari aktivitas: menentukan pertanyaan mendasar yang meningkatkan indikator memahami masalah; merancang proyek dan jadwal yang meningkatkan indikator merencanakan pemecahan dan fleksibilitas; penyelesaian proyek yang meningkatkan indikator melaksanakan pemecahan, menilai implementasi dan menghargai matematika; dan menilai capaian belajar yang meningkatkan indikator merefleksikan proses berpikir dan memeriksa kembali. (3) Lintasan belajar Teorema Pythagoras pada LKS ini meliputi: (a) mengidentifikasi konsep Teorema Pythagoras, (b) pemahaman konsep Teorema Pythagoras melalui penyelesaian proyek, (c) pemahaman terkait rumus-rumus Teorema Pythagoras dan penerapannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL, Scratch, Proyek, LKS, Teorema Pythagoras |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Komang Adi Putra |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 01:11 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 01:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21883 |
Actions (login required)
View Item |