YANTI, KADEK DEVI (2024) PENGEMBANGAN POP-UP BOOK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUANMENGENAL DERETAN ANGKA UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SINAR HARAPAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061039-COVER.pdf Download (689kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061039-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061039-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media Pop-Up Book dalam meningkatkan kemampuan mengenal deretan angka pada anak usia dini di TK Sinar Harapan. Pendekatan yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode penelitian meliputi analisis kebutuhan pembelajaran, desain media Pop-Up Book, pengembangan fisik media, uji coba implementasi, dan evaluasi efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book efektif dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap deretan angka. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif seperti Pop-Up Book dapat menjadi alternatif yang bermanfaat dalam pendidikan anak usia dini untuk memfasilitasi pembelajaran matematika dasar seperti pengenalan angka 1-10. Validitas media Pop-Up Book dilakukan dengan dua uji yaitu uji ahli media dan uji ahli materi. Perolehan data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan metode analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji dari para ahli menyatakan bahwa media Pop-Up Book menunjukan valid, dengan rata-rata CVR ( Content Validity Ratio) sebesar 1,00 dan CVI ( Content Validity Index ) sebesar 1,00. Bersarkan temuan ini, disimpulkan bahwa Pop-Up Book ini dapat digunakan sebagai media di lingkungan sekolah untuk mendukung pembelajaran mengenal deretan angka 1-10. Kata Kunci : Media Pop-Up Book, Kemampuan Mengenal Dereratan Angka 1-10, Tk Sinar Harapan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pop-Up Book, Kemampuan Mengenal Dereratan Angka 1-10, TkSinar Harapan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Kadek Devi Yanti |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 06:00 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 06:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21909 |
Actions (login required)
View Item |