ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUPUAN

Casmini, Ni Luh (2024) ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUPUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2223071009-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2223071009-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2223071009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2223071009-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis berfikir kritis siswa melalui model pembelajaran penemuan pada mata pelajaran kimia kelas XI di SMAN 1 Pupuan. Jenis dan pendekatan penelitian yang dipilih yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Subjek dan objek penelitian ini adalah guru-guru kimia dan siswa serta analisis berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran penemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisa data yang digunakan yakni triangulasi, member check, audit trail dan pengecekan kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada proses pembelajaran di kelas IPA 1 dan IPA 3 terlihat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa. Beberapa indikator keterampilan berpikir kritis siswa belum diterapkan secara optimal, 2) Interaksi yang dilakukan oleh guru 1 dan guru 2 berbeda, pada guru 1 terjadi interaksi multiarah sedangkan pada guru 2 terjadi interaksi multiarah. Pembelajaran penemuan menuntut siswa untuk aktif dalam proses belajar, mengembangkan hipotesis, mencari bukti, dan menarik kesimpulan. Proses pembelajaran dalam model penemuan lebih berfokus pada pemahaman konsep dan proses penemuan itu sendiri. Siswa didorong untuk mengembangkan pemikiran kritis dan analitis, serta keterampilan pemecahan masalah. Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu pola interaksi antara pendidik dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Interaksi dalam pendidikan, dapat membantu mengembangkan seluruh potensi, kecakapan dan karakteristik peserta didik baik dari segi intelektual, sosial, afektif maupun motorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berfikir Kritis, Pembelajaran Penemuan, Kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Luh Casmini
Date Deposited: 09 Aug 2024 00:05
Last Modified: 09 Aug 2024 00:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21941

Actions (login required)

View Item View Item