Putra, Pande Made Dani Wiradhika (2024) Implementasi Outdoor Education Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Ubud. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2016011058-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011058-ABSTRAK.pdf Download (393kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (477kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (520kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011058-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari karena adanya peserta didik yang tidak tuntas pada mata pelajaran PJOK materi kebugaran jasmani pada kelas VII SMP N 1 Ubud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PJOK materi kebugaran jasmani peserta didik kelas VII SMP N 1 Ubud dengan menggunakan metode pembelajaran Outdoor Education berbasis trekking dan outbound. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-I SMP N 1 Ubud. Data hasil belajar dikumpulkan dengan cara tes hasil belajar dan lembar observasi untuk aspek kognitif dan aspek afektif sedangkan aspek psikomotor menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan rincian pada aspek kognitif 2 dari 40 peserta didik tidak mencapai KKM dan pada aspek psikomotor dan afektif 40 peserta didik mencapai KKM, sehingga dilanjutkan pada siklus II yang menghasilkan seluruh peserta didik telah mencapai KKM pada materi kebugaran jasmani pada mata pelajaran PJOK. Dapat disimpulkan bahwa outdoor education dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi kebugaran jasmani peserta didik kelas VII-I SMP N 1 Ubud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Outdoor education, hasil belajar, trekking, outbound |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Pande Made Dani Wiradhika Putra |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 01:49 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21955 |
Actions (login required)
View Item |