Kusumayanthi, Made Yeni (2024) Pengembangan LKPD Materi Teks Negosiasi Kelas X Bermuatan Kearifan Lokal Nusa Penida. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
22290011003-COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229011003-ABSTRAK.pdf.pdf Download (276kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229011003-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN)
2229011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229011003-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (391kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229011003-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas LKPD materi teks negosiasi kelas X bermuatan kearifan lokal Nusa Penida. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan LKPD materi teks negosiasi kelas X bermuatan kearifan lokal Nusa Penida yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D tetapi hanya meliputi tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan tes. Hasil uji validitas menunjukkan LKPD yang dihasilkan tergolong sangat valid ditinjau dari segi isi (materi), kegrafikaan, dan bahasa. Berdasarkan penilaian guru dan peserta didik, LKPD tersebut tergolong sangat praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan LKPD tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, LKPD materi teks negosiasi kelas X bermuatan kearifan lokal Nusa Penida yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif. LKPD dapat menjadi pendorong peserta didik secara mandiri, berpikir kreatif, inovatif, memperoleh suasana belajar yang baru, sehingga mendapatkan pengalaman bermakna yang dapat meningkatkan prestasi belajar. Kearifan lokal yang terintegrasi dalam LKPD membantu memperkuat identitas budaya dan memperkenalkan peserta didik pada nilai-nilai, tradisi, dan pengetahuan lokal yang berharga. Dalam hal ini, pembelajaran akan menjadi lebih relevan dan kontekstual bagi peserta didik, karena materi teks negosiasi yang disajikan berkaitan langsung dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, teks negosiasi, kearifan lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Made Yeni Kusumayanthi |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 00:07 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 00:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22036 |
Actions (login required)
View Item |