PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS CERITA RAKYAT SASAK DAN PENGARUH IMPLEMENTASINYA TERHADAP LITERASI MEMBACA DAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Zain, Moh. Irawan (2024) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS CERITA RAKYAT SASAK DAN PENGARUH IMPLEMENTASINYA TERHADAP LITERASI MEMBACA DAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1839031008-COVER)
1839031008-Cover.pdf

Download (637kB)
[img] Text (1839031008-ABSTRAK)
1839031008-Abstrak.pdf

Download (214kB)
[img] Text (1839031008-BAB 1 PENDAHULUAN)
1839031008-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (395kB)
[img] Text (1839031008-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839031008-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (1839031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839031008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (1839031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839031008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (1839031008-BAB 5 PENUTUP)
1839031008-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (1839031008-DAFTAR PUSTAKA)
1839031008-Daftar Pustaka.pdf

Download (522kB)
[img] Text (1839031008-LAMPIRAN)
1839031008-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe komik digital berbasis cerita rakyat Sasak dan pengaruh implementasinya terhadap literasi membaca dan karakter mandiri siswa kelas 4 sekolah dasar di Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan research and development (R&D), menggunakan pendekatan 4-D (Define, Design, Develop, Dessiminate) dari Thiagarajan. Jumlah sekolah yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 5 sekolah dasar yang berada di Kota Mataram. Subyek penelitian ini adalah 12 orang ahli untuk uji instrumen, 9 orang ahli untuk uji produk, 7 orang guru dan 150 orang siswa kelas IV sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi pustaka, quesionaire, dan tes. Teknik analisis data dengan menentukan nilai CVR, menguji kemenarikan, uji efektivitas dengan uji statistik, dan uji hipotesis. Adapun hasil uji validitas produk oleh para ahli, semua penguji menyatakan valid. Hasil uji produk pada aspek materi adalah 0,950 berkategori sangat tinggi (valid); aspek bahasa adalah 0,967 berkategori sangat tinggi (valid); dan aspek media adalah 0,893 berkategori sangat tinggi (valid). Kemudian hasil uji kemenarikan untuk guru pada kelompok kecil adalah 96,90 berkategori sangat baik, sedangkan kelompok besar adalah 94,75 berkategori sangat baik. Hasil uji kemenarikan untuk siswa pada kelompok kecil adalah 94,50 berkategori sangat baik, sedangkan untuk siswa pada kelompok besar adalah 87,71 berkategori baik. Selanjutnya hasil uji efektivitas, menunjukkan bahwa (1) hasil implementasi komik digital berbasis cerita rakyat Sasak efektif meningkatkan literasi membaca dengan nilai signifikansi sebesar 0,039 < 0,05 dengan nilai ES sebesar 0,61 berkategori efektrivitas cukup; (2) hasil implementasi komik digital berbasis cerita rakyat Sasak efektif meningkatkan karakter mandiri (p<0,05) dengan nilai ES sebesar 0,75 berkategori efektrivitas cukup; (3) (1) hasil implementasi komik digital berbasis cerita rakyat Sasak efektif meningkatkan literasi membaca dan karakter mandiri (p<0,05) dengan nilai ES sebesar 0,54 berkategori efektivitas cukup. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka ditemukan bahwa komik digital yang dilengkapi dengan ringkasan, sinopsis, dan kuis yang dipadukan dengan cerita rakyat Sasak efektif untuk meningkatkan literasi membaca dan karakter mandiri siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Mataram.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Komik Digital, Cerita Rakyat Sasak, Literasi Membaca, Karakter Mandiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Moh Irawan Zain
Date Deposited: 14 Oct 2024 13:49
Last Modified: 14 Oct 2024 13:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22131

Actions (login required)

View Item View Item