Doniartha, I Putu Dimas Fajar Doniartha (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VII PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011083-COVER.pdf Download (695kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011083-ABSTRAK.pdf Download (60kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011083-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011083-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011083-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VII pada materi aritmetika sosial. Subjek dari penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Marga, Kabupaten Tabanan. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Uji validitas materi dan media dilakukan dengan angket penilaian LORI (Learning Object Review Instrument), uji kepraktisan dilakukan dengan angket UEQ (User Experience Questionnaire), dan uji keefektifan dilakukan dengan penilaian ketuntasan dari tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa e-book ini layak untuk digunakan. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa e-book ini praktis untuk digunakan dalam pembelajaran dengan hasil dari aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan menurut penilaian kepraktisan guru dan siswa termasuk pada kategori excellent (sangat baik). Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa e-book ini efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmetika sosial dari persentase ketuntasan 56,25% menjadi 81,25%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-book interaktif, masalah kontekstual, kemampuan pemecahan masalah matematika, aritmetika sosial. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Putu Dimas Fajar Doniartha |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:07 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22318 |
Actions (login required)
View Item |