PENGEMBANGAN BUKU AJAR SAINS TERINTEGRASI BUDAYA LOKAL DAN TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Suparya, I Ketut (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SAINS TERINTEGRASI BUDAYA LOKAL DAN TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2139031007-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139031007-ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139031007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139031007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139031007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139031007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139031007-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) rancang bangun (prototype) buku ajar sains terintegrasi budaya lokal dan tri kaya parisuda, (2) validitas isi buku ajar sains, (3) kepraktisan buku ajar sains, (4) efektivitas buku ajar sains untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan research and development (R & D) mengikuti prosedur pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner untuk validitas dan kepraktisan buku ajar serta tes untuk mengukur efektivitas buku ajar. Data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan inferensial. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis validitas dan kepraktisan, sedangkan analisis efektivitas menggunakan uji MANOVA dengan rancangan penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan (1) rancang bangun (prototype) yang dihasilkan berupa buku ajar sains terintegrasi budaya lokal tri kaya parisudha yang digunakan oleh siswa dan guru. Adapun komponen dari buku tersebut adalah cover, prakata, capaian pembelajaran, petunjuk penggunaan buku, daftar isi, peta konsep, bab, topik daftar Pustaka. Pada setiap topik terdiri dari profil pelajar Pancasila, tujuan pembelajaran, tahukan kita, pertanyaan esensial, materi sesuai dengan topik, kegiatan siswa menerapkan siklus belajar tri kaya parisudha dan evaluasi yang beorientasi literasi dan keterampilan berpikir kritis. (2) Buku ajar sains yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan dilihat dari validitas isi, bahasa dan media dengan rerata skor 0,98; 0,91; 0,88; (2) buku ajar yang dikembangkan dinyatakan praktis dilihat dari respon guru dan siswa; (3) buku ajar efektif meningkatkan literasi sains dan keterampulan berpikir kritis berdasarkan hasil uji MANOVA menunjukkan nilai Pillai's Trace memiliki nilai signifikansi <0,05; (4) Buku ajar sains terintegrasi budaya lokal dan tri kaya parisudha yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siswa secara simultan dengan effect size tinggi. Buku ajar ini sangat efektif digunakan untuk meningkatkan literasi dan keterampilan berpikir kritis secara parsial dengan effect size tinggi. Keefektifan ini dapat dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan baik dalam pencapaian literasi sains dan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan buku ajar sains terintegrasi budaya lokal dan tri kaya parisudha dengan siswa yang tidak menggunakan buku ajar sains terintegrasi budaya lokal dan tri kaya parisudha.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku ajar, sains, literasi, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: I KETUT SUPARYA
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:27
Last Modified: 01 Nov 2024 02:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22332

Actions (login required)

View Item View Item