PENGEMBANGAN E-MODUL BASIS DATA BERORIENTASI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERINTEGRASI TEORI BEBAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Putra, Desak Made Dwi Utami (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BASIS DATA BERORIENTASI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERINTEGRASI TEORI BEBAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2139011011-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139011011-ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
2139011011-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran Basis Data di kampus Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang kurang melibatkan mahasiswa dalam pembelajaran serta tidak mempertimbangkan beban kognitif dari mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul Basis Data berorientasi Predict, Observe, Explain (POE) terintegrasi teori beban kognitif yang berkualitas valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan menggunakan model Plomp dimana tahap analisis data dilakukan dengan tiga fase. Tahap studi awal (Preliminary Research), pengembangan (development or prototyphing phase) dan evaluasi sumatif (assesment phase). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester satu program studi Teknik Informatika INSTIKI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar observasi, kuesioner dan tes. Instrumen pengukuran validitas isi/materi serta desain/media telah melalui proses uji validitas dari pakar yang menyatakan bahwa instrumen siap digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul basis data berorientasi Predict, Observe, Explain (POE) terintegrasi teori beban kognitif telah memenuhi standar valid, praktis dan efektif untuk dikatakan layak digunakan. E-modul yang dikembangkan ini memiliki karakteristik untuk memberikan kesempatan mahasiswa: (1) Mempelajari mata kuliah basis data dengan dukungan materi berupa flipbook dan video animasi 2 dimensi yang menggunakan konsep analogi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa; (2) Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran Basis Data melalui e-modul dengan predict, observe dan explain yang terstruktur; (3) Meningkatkan rasa ingin tahu mahasiswa dengan memberikan pertanyaan pemantik sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan e-modul; (4) Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan e-modul yang interaktif dan memberikan umpan balik langsung pada kuis yang dikerjakan; (5) Mempelajari mata kuliah basis data dengan relevansi kontekstual yang menyajikan skenario dan contoh yang relevan dengan konteks nyata yang dihadapi oleh mahasiswa. Pengelolaan beban kognitif intrinsik terlihat pada: (1) Tahap predict (prediksi) yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan pemantik untuk merangsang mahasiswa menggali pemahaman awal sebelum menerima materi yang diberikan pada e-modul; (2) Tahap explain (penjelasan) yang dilakukan oleh mahasiwa dengan menjawab setiap pertanyaan pada quis yang ada pada setiap modul, dimana mahasiswa langsung mendapatkan umpan balik terkait jawaban benar atau salah pada setiap pertanyaan. Pengurangan beban kognitif ekstrinsik dilakukan dengan: (1) Mengembangkan e-modul dengan memberikan petunjuk penggunaan yang jelas kepada mahasiswa; (2) Menyediakan tombol backward agar mahasiswa dapat kembali pada halaman sebelumnya; (3) Menyediakan tombol untuk mematikan audio agar mahasiswa dapat lebih fokus pada materi; (4) menampilkan waktu pengerjaan soal quis untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan manajemen waktu dalam menjawab soal. Pengelolaan beban kognitif germane dilakukan dengan: (1) tahap observe (penjelasan) yang menampilkan materi dalam bentuk flipbook yang menarik untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa; (2) menampilkan materi dalam bentuk video animasi dengan konsep analogi yang mudah dipahami oleh mahasiswa (3) video animasi yang ditampilkan dapat di pause agar mahasiswa dapat lebih meningkatkan pemahaman mereka terkait materi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Basis Data, POE, Teori Beban Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Desak Made Dwi Utami Putra
Date Deposited: 06 Nov 2024 07:03
Last Modified: 06 Nov 2024 07:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22367

Actions (login required)

View Item View Item