Utama, Kadek Dwi Prawira (2024) PENGARUH METODE STUDI KASUS BERBASIS ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA MUATAN SEGI EMPAT KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN TEMBUKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031264-COVER.pdf Download (698kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031264-ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031264-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031264-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031264-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031264-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031264-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031264-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031264-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode studi kasus berbasis animasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan Matematika materi segi empat di antara kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tembuku. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan desain Pretest-Postest Control Group. Kelas IV SD Negeri 1 Yangapi dan kelas IV SD Negeri 5 Yangapi dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara yang di peroleh dengan teknik random class sampling dengan undian. Pengumpulan data menggunakan tes objektif piliha gada sebayak 20 soal yang sudah divalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t (Independent Sampling). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kompetensi pengetahuan Matematika antara kedua kelompok, dengan thitung sebesar 4,420 melebihi ttabel sebesar 2,00 (thitung > ttabel). Oleh karena itu, hipotesis n0 ditolak dan hipotesis na diterima, menunjukkan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan Matematika di SD Gugus III Kecamatan Tembuku. Penelitian ini memberikan kontribusi sebagai referensi tambahan bagi penelitian serupa di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Studi Kasus, Matematika, Kompetensi Pengetahuan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK DWI PRAWIRA UTAMA |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:29 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22379 |
Actions (login required)
View Item |