PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN ETNOKIMIA BALI PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON

Sulistya, Herna Rumanti (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN ETNOKIMIA BALI PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013031011-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013031011-ABSTRAK.pdf

Download (741kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013031011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013031011-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

LKPD yang digunakan di sekolah sekarang secara umum tidak bersifat kontekstual yang menjadikan hasil belajar dari siswa masih minim dan tidak optimal. Maka dari itu, diperlukan riset atau penelitian terkait pengembangan LKPD secara kontekstual. Penelitian ini mempunyai tujuan dalam memberikan hasil dalam bentuk LKPD model Problem based learning yang mempunyai muatan kearifan lokal dalam materi senyawa hidrokarbon. Model yang diterapkan yakni model ADDIE dengan modifikasi hingga proses pengembangan produk. Hasil pengujian validasi isi serta kegrafikaan menerapkan rumus Gregory serta memperoleh hasil skor rata-rata 1,0 dan termasuk dalam kriteria validasi sangat tinggi. Hasil uji validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 3,67(sangat valid). Hasil uji keterbacaan dilihat dari kemudahan siswa untuk menerima dan menguasai informasi yang dimuat pada LKPD, memperoleh hasil skor rata-rata 3,68 (sangat positif). Hasil pengujian kepraktisan dilihat dari kemudahan pendidik dalam memanfaatkan LKPD, memperoleh skor rata-rata 3,82 (sangat praktis). LKPD ini mempunyai sifat yang valid serta praktis dan dapat ditindaklanjuti dan dilanjutkan dengan pemberian uji efektivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem based learning , kearifan lokal, senyawa hidrokarbon
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Herna Rumanti Sulistya S.
Date Deposited: 21 Nov 2024 09:10
Last Modified: 21 Nov 2024 09:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22445

Actions (login required)

View Item View Item