EEFEKTIFAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MEREDUKSI RUNDUNG VERBAL PADA SISWA KELAS VIII 7 SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Lumban Tobing, Sara Betaria (2024) EEFEKTIFAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MEREDUKSI RUNDUNG VERBAL PADA SISWA KELAS VIII 7 SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2011011019_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011011019_ABSTRAK.pdf

Download (795kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011011019 _BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011011019 _BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011011019 _BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011019 _BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2011011019 _BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011019 _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011011019 _LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling behavioral dengan teknik modeling untuk mereduksi rundung verbal pada siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian eksperimen ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan treatment konseling behavioral dengan teknik modeling dan VIII 9 sebagai kelas kontrol tanpa memperoleh treatment. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner Rundung verbal. Data penelitian ini dianalisis dengan t-test menggunakan bantuan IBM SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan 1) nilai t = 23,592 dengan nilai p = 0,000, signifikansi pada 0,00<0,05. Efek size sebesar 0,7149 terkategori sedang. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan nilai siswa yang tidak diberikan treatment konseling behavioral dengan teknik modeling dibandingkan dengan siswa yang tidak diberikan treatment konseling behavioral dengan teknik modeling. Jadi konseling behavioral dengan teknik modeling efektif untuk mereduksi rundung verbal. Sehingga konseling behavioral dengan teknik modeling dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pilihan oleh Guru BK/Konselor untuk mencegah rundung verbal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konseling behavioral, teknik modeling, rundung verbal.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Sara Betaria Lumban Tobing
Date Deposited: 17 Dec 2024 00:59
Last Modified: 17 Dec 2024 00:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22574

Actions (login required)

View Item View Item