PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING MINDFULNESS TEKNIK WALKING MEDITATION UNTUK MENURUNKAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN PADA SISWA

Retno, Indriaswuri (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING MINDFULNESS TEKNIK WALKING MEDITATION UNTUK MENURUNKAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN PADA SISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2139011018-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139011018-ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011018-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139011018-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan konseling mindfulness teknik walking meditation untuk menurunkan gangguan pemusatan perhatian pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4D dengan 4 tahapan, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan front-end analysis, learner analysis, task analysis, dan concept analysis. Pada tahap design dilakukan perancangan panduan konseling. Pada tahap develop dilakukan pengujian kelayakan panduan. Pada tahap disseminate dilakukan pengujian keefektifan panduan, pengemasan panduan, dan penyebaran panduan. Analisis dalam penelitian ini meliputi validitas isi panduan oleh 3 orang pakar, keberterimaan panduan oleh 10 orang guru, dan efektivitas panduan yang diterapkan pada 5 orang siswa SD Dana Punia Singaraja yang mengalami gangguan pemusatan perhatian. Hasil uji validasi isi panduan oleh pakar memperoleh nilai CVI sebesar 1 yang berarti bahwa isi panduan tergolong valid atau sesuai. Hasil uji keberterimaan panduan oleh para guru SD di Kecamatan Buleleng memperoleh nilai sebesar 100 yang berarti bahwa keberterimaan panduan konseling ini sangat baik. Hasil uji efektivitas panduan yang dilakukan di SD Dana Punia Singaraja memperoleh p-value sebesar 0,00018 (<0,05) dengan nilai t sebesar 13,31 yang berarti bahwa panduan konseling mindfulness teknik walking meditation efektif untuk menurunkan gangguan pemusatan perhatian pada siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: konseling mindfulness, teknik walking meditation, gangguan pemusatan perhatian, siswa sekolah dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Retno Indriaswuri
Date Deposited: 16 Dec 2024 12:26
Last Modified: 16 Dec 2024 12:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22585

Actions (login required)

View Item View Item