Puspitarini, Ni Wayan Cindy Widya (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011012-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011012-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011012-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berupaya untuk menciptakan e-modul berbasis masalah yang kaya akan kontekstual yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep aljabar siswa kelas VII. Dengan menggunakan metodologi Penelitian dan Pengembangan dan kerangka kerja ADDIE -penelitian ini secara cermat membuat perangkat pembelajaran digital ini. E-Modul yang dikembangkan memiliki karakteristik berbasis masalah kontekstual dimana seluruh penjelasan materi dikaitkan dengan masalah di kehidupan sehari-hari. Masalah kontekstual dalam E-Modul terletak pada bagian video, penjelasan materi, contoh soal, latihan soal, serta evaluasi tes formatif. Masalah kontekstual yang tertanam dalam e-modul dirancang khusus untuk menjembatani teori aljabar dengan aplikasi dunia nyata, sehingga memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam tentang prinsip-prinsip aljabar di antara para siswa. Validasi e-modul dilakukan secara ketat oleh para ahli materi dan media dengan menggunakan kuesioner LORI, yang menghasilkan skor 4,56 dan 4,75. Uji kegunaan dinilai melalui UEQ, dengan skor berkisar antara 1,67 hingga 2,08 di berbagai aspek termasuk daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Hebatnya, setiap dimensi dikategorikan sebagai “Sangat Baik”. Efektivitas e-modul diukur melalui analisis komparatif hasil pre-test dan post-test, menggunakan uji Wilcoxon untuk signifikansi keefektifan. Uji Wilcoxon, yang dilakukan pada tingkat signifikansi 0,05 (α = 5%), menghasilkan nilai p-value sebesar 0,0000173, yang mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan secara statistik dalam pemahaman siswa terhadap konsep-konsep aljabar setelah penggunaan modul elektronik. Kesimpulannya, e-modul yang dikembangkan telah terbukti valid, berguna, dan sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep aljabar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Masalah Kontekstual, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Cindy Widya Puspitarini |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:14 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22607 |
Actions (login required)
View Item |