Metialani, Putu Kartika (2025) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA DI SMP NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011011013-COVER.pdf Download (667kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011011013-ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011011013-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan fenomena tingkat self-esteem siswa yang rendah akibat pikiran irrasional selama fase transisi anak-anak menuju remaja, dibutuhkan upaya yang dapat membantu siswa dalam mengubah pikiran yang irrasional menjadi lebih rasional, sehingga siswa dapat mengembangkan self-esteem atau harga dirinya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efeltivitas implementasi layanan konseling Cognitive Behavior dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam membantu siswa meningkatkan harga diri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental, dengan bentuk Nonequivalent pre-test-post-test control group design. Penelitian ini melibatkan 16 siswa yang dipilih melalui teknik sampel bertujuan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner self-esteem yang telah dikembangkan dengan hasil uji validitas diatas 0,361 sebanyak 34 butir soal dan hasil uji reliabilitas sebesar 0,951. Berdasarkan analisis Mann-Whitney U Test diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05. Hasil analisis tersebut menunjukan adanya perbedaan signifikan antara skor post-test kelompok eksperimen yang menerima treatment dengan kelompok kontrol yang tidak menerima treatnent. Berdasarkan analisis dan uji hipotesis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling Cognitive Behavior dengan teknik Restrukturisasi Kognitif terbukti efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa SMP. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah Guru BK dapat menggunakan layanan konseling Cognitive Behavior dengan teknik Restrukturisasi Kognitif dalam membantu mendukung perkembangan psikologis siswa terutama dalam meningkatkan self-esteemnya. Diharapkan temuan dari penelitian ini digunakan oleh Guru BK sebagai dasar untuk mengembangkan program layanan mereka di sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Esteem, Cognitive Behavior Therapy, Restrukturisasi Kognitif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Putu Kartika Metialani |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:00 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22683 |
Actions (login required)
View Item |