Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Masalah Terbuka Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP N 3 Sukasada

Wardana, I Gede Pratama Jaya (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Masalah Terbuka Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP N 3 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011035-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011035-ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2013011035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011035-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Matematika sangat erat kaitannya dengan kemampuan penalaran matematis. Penalaran matematis memiliki peran penting bagi siswa, namun fakta dan data dilapangan tidak sesuai yang diharapkan. Salah satu inovasi yang diduga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok. Kemampuan penalaran matematis siswa dapat ditingkatkan dengan memberikan masalah yang bersifat terbuka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan masalah terbuka lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sukasada tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 117 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas VII C sebagai kelas kontrol, dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Pengukuran kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan tes kemampuan penalaran matematis. Data skor tes kemampuan penalaran matematis diuji menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikan 5%. Data kemampuan penalaran matematis dari kelompok sampel mengikuti sebaran data yang berdistribusi normal dan memiliki varians homogen. Hasil analisis didapatkan t_hitung = 3,084 dan t_tabel=1,673. Karena t_hitung> t_tabel maka H0 ditolak. Artinya kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran investigasi kelompok, masalah terbuka, kemampuan penalaran matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Gede Pratama Jaya Wardana
Date Deposited: 21 Jan 2025 01:11
Last Modified: 21 Jan 2025 01:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22841

Actions (login required)

View Item View Item