PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI MOBILE LEARNING (M-GEO GANESHA) BERBASIS ANDROID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA N 1 BANJAR

Sadewa, I Dewa Made Adi Bayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI MOBILE LEARNING (M-GEO GANESHA) BERBASIS ANDROID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA N 1 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014031016-COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014031016-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2014031016-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENGEMBANGAN DAN PEMBAHASAN)
2014031016-BAB 4 HASIL PENGEMBANGAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014031016-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Aplikasi Mobile Learning (M-Geo Ganesha) Berbasis Android dan Implikasinya Terhadap Efektivitas Pembelajaran Geografi di SMA N 1 Banjar, (2) menganalisis respon guru dan peserta didik terhadap penerapan aplikasi mobile learning (M-Geo Ganesha) di kelas X, (3) menguji efektivitas penerapan aplikasi mobile learning (M-Geo Ganesha) dikelas X. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan kerangka pengembangan Model 4D yang dimodifikasi, yang terdiri dari empat tahap: definisi, desain, pengembangan, dan diseminasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, penilaian, kuesioner/survei, dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif menggunakan uji validitas media, uji validitas materi di bidang geografi, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan uji N-Gain. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penilaian validitas media yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran menghasilkan skor 92,6, dikategorikan sebagai "Sangat Layak". Penilaian validitas ahli isi bidang studi yang dilakukan oleh ahli Penginderaan Jauh menghasilkan skor 83,5, dikategorikan sebagai "Layak". Uji kelompok kecil menghasilkan skor 82,1 di bawah kriteria "Layak". Pengujian kelompok besar menghasilkan nilai 79,48 di bawah kriteria "Menarik". (5) respon guru terhadap media aplikasi mobile learning (M-Geo Ganesha) mendapatkan respon positif dengan hasil 93,3 kriteria "Sangat Menarik" diterapkan sebagai media pembelajaran geografi, dan (6) efektivitas media aplikasi mobile learning (M-Geo Ganesha) berbasis android mendapatkan hasil 0,69 pada tafsiran "Sedang". Hasil penelitian yang telah disampaikan menunjukkan bahwa media aplikasi mobile learning (M-Geo Ganesha) berbasis android dapat terus digunakan dalam pembelajaran geografi dan dari penggunaan media pembelajaran ini akan mengalami peningkatan efektivitas pembelajaran geografi. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Media Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android, Pembelajaran Geografi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Media Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android, Pembelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: I Dewa Made Adi Bayu Sadewa
Date Deposited: 23 Jan 2025 05:56
Last Modified: 23 Jan 2025 05:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22873

Actions (login required)

View Item View Item