PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-A SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Purwanto, Ozi (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-A SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011013-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1916011013-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1916011013-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK dengan materi passing bawah dalam permainan bola voli dengan model PBL pada peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Prosedur penelitian PTK langkah-langkah umum dalam melakukan analisis data dari PTK yaitu (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi/evaluasi, dan (4) Refleksi. Subyek penelitian ini 31 peserta didik di kelas VIII SMP N 3 Singaraja, terdiri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif, afektif dan psikomotor. Teknik analisis data meliputi Organisasi Data, Deskripsi Data, Analisis Kualitatif, Analisis Kuantitatif, dan Perbandingan Data. Hasil penelitian pada siklus I untuk aspek psikomotor ada 75% peserta didik yang tuntas, sedangkan 25% belum tuntas, aspek kognitif yang 75%, belum tuntas 25%, aspek afektif yang tuntas 86,5%, belum tuntas 13,5%. Sedangkan pada siklus II untuk aspek psikomotor yang tuntas 94% peserta didik, belum tuntas ada 6%, aspek kognitif yang tuntas 84%, belum tuntas 16%, aspek afektif ada 7,50% dengan afektif baik dan 92,50% dengan afektif baik. Sehingga dapat disimpulakan bahwa hasil penelitian tindakan kelas mengalami peningkatan hasil belajar bola voli passing menggunakan model problem based learning pada peserta didik kelas VIII-A SMP N 3 Singaraja tahun pelajaran 2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; PJOK; Passing Bawah; bola voli
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Ozi Purwanto
Date Deposited: 23 Jan 2025 06:17
Last Modified: 23 Jan 2025 06:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22889

Actions (login required)

View Item View Item