Purwanto, Ozi (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-A SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1916011013-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1916011013-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1916011013-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK dengan materi passing bawah dalam permainan bola voli dengan model PBL pada peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Prosedur penelitian PTK langkah-langkah umum dalam melakukan analisis data dari PTK yaitu (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi/evaluasi, dan (4) Refleksi. Subyek penelitian ini 31 peserta didik di kelas VIII SMP N 3 Singaraja, terdiri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif, afektif dan psikomotor. Teknik analisis data meliputi Organisasi Data, Deskripsi Data, Analisis Kualitatif, Analisis Kuantitatif, dan Perbandingan Data. Hasil penelitian pada siklus I untuk aspek psikomotor ada 75% peserta didik yang tuntas, sedangkan 25% belum tuntas, aspek kognitif yang 75%, belum tuntas 25%, aspek afektif yang tuntas 86,5%, belum tuntas 13,5%. Sedangkan pada siklus II untuk aspek psikomotor yang tuntas 94% peserta didik, belum tuntas ada 6%, aspek kognitif yang tuntas 84%, belum tuntas 16%, aspek afektif ada 7,50% dengan afektif baik dan 92,50% dengan afektif baik. Sehingga dapat disimpulakan bahwa hasil penelitian tindakan kelas mengalami peningkatan hasil belajar bola voli passing menggunakan model problem based learning pada peserta didik kelas VIII-A SMP N 3 Singaraja tahun pelajaran 2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; PJOK; Passing Bawah; bola voli |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Ozi Purwanto |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 06:17 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 06:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |