PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA TOPIK CARA MAKHLUK HIDUP MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS VI SD DI GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yani, Ni Komang Indah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA TOPIK CARA MAKHLUK HIDUP MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS VI SD DI GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganseha.

[img] Text (COVER)
1611031036-COVER.pdf

Download (722kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031036-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031036-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pop-up book pada topik cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk kelas VI SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2019/2020 yang sudah teruji validitasnya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, pada penelitian ini tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan sumber daya, tenaga, biaya, dan waktu penelitian. Subjek penelitian ini adalah media pop-up book pada topik cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk kelas VI SD, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dari media yang dikembangkan. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan instrumen rating scale berupa lembar penilaian media dari ahli. Data validasi media dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media pop-up book. Nilai rata-rata skor validitas media yang sudah divalidasi oleh ahli adalah 4,90 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat dikatakan bahwa media pop-up book yang sudah dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pop-up book, cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Indah Yani
Date Deposited: 25 Jul 2020 01:23
Last Modified: 25 Jul 2020 01:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2296

Actions (login required)

View Item View Item