Sadewa, Made Yuda (2025) EVALUASI USABILITY SISTEM MANAJEMEN ISSUE UNDIKSHA (MISSU) DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE, CONCURRENT THINK ALOUD, DAN MOUSE TRACKING. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2229101012-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229101012-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229101012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229101012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229101012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229101012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229101012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229101012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229101012-LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
Abstract
Evaluasi usability Sistem Manajemen Issue Undiksha (MISSU) dilakukan pada aspek: 1) tingkat penerimaan, 2) efektivitas, 3) efisiensi, dan 4) tingkat frustasi pengguna saat menangani issue yang ada di lingkup Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil evaluasi dan merumuskan rekomendasi perbaikan sistem untuk pengembangan sistem di lingkup universitas. Populasi sekaligus menjadi sampel penelitian ini adalah pegawai Undiksha berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan yaitu: System Usability Scale (SUS), Concurrent Think Aloud, dan mouse tracking. Nilai SUS sebesar 80,5 yaitu excellent dan diterima untuk digunakan. Hasil efektivitas dari perhitungan success rate menunjukkan hasil sangat efektif dengan nilai 98,3% untuk responden pemula dan 98,2% untuk mahir. Hasil efisiensi yang dihitung dengan time base efficiency menunjukkan hasil sangat cepat (2,96 menit) responden mahir dan kategori cepat (7,55 menit) untuk pemula. Halaman yang cukup signifikan menyebabkan frustasi pada kedua jenis respoden dikarenakan nilai friction lebih kecil dari RNFG-pemula dan RNFG-mahir yaitu: halaman issue-to-me, detail-issue, dashboard, dan laporan kegiatan. Halaman yang cukup signifikan menyebabkan frustasi yaitu halaman login, edit-issue, progres-issue, profil, dan selesai-issue. Rekomendasi perbaikan dirancang berdasarkan hasil evaluasi dan prinsip eight golden rules dalam bentuk high fidelity wireframe.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi usability, sistem manajemen issue undiksha (MISSU), system usability scale, concurrent think aloud, mouse tracking |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Made Yuda Sadewa |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 01:30 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 01:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |