Dewi, Ida Ayu Diah Anggreni (2020) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MENGALAMI KERUGIAN AKIBAT ADANYA SUATU INFORMASI TENTANG BARANG DAN/ATAU JASA YANG MENYESATKAN (STUDI KASUS DI KOTA SINGARAJA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1614101029-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1614101029-ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1614101029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1614101029-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1614101029-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1614101029-BAB 4 HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1614101029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614101029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1614101029-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat informasi barang dan/atau jasa yang menyesatkan dan perlindungan hukum terhadap konsumen terkait adanya kerugian konsumen akibat suatu informasi mengenai barang dan/atau jasa yang menyesatkan di wilayah hukum Kota Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan bentuk snowball sampling. Subjek penelitian ini adalah Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupten Buleleng, pelaku usaha yang mempromosikan barang dan/atau jasanya, serta konsumen yang membeli produk yang dipromosikan oleh pelaku usaha. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan pelaku usaha akan memberikan tanggung jawab kepada konsumen apabila konsumen mengalami kerugian. Adapun bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh pelaku usaha dapat berupa kesepakatan yang berdasarkan pada perjanjian atau dari pelaku barang atas kerugian yang dialami konsumen akibat mengonsumsi produk tersebut, kemudian memberikan penjelasan terkait kerugian yang dialami konsumen hingga memberikan diskon kepada konsumen. Kemudian implementasi perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat adanya informasi menyesatkan telah diberikan dengan adanya Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Apabila dikaitkan dengan teori sistem hukum Lawrence M. Friedman secara substansi sudah terpenuhi dengan adanya UUPK, kemudian struktur hukumnya sudah terpenuhi dengan adanya lembaga yang menaungi masalah konsumen seperti BPSK, YLKI, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng. Sedangkan budaya hukumnya belum berjalan maksimal sebab masih banyak masyarakat di Kota Singaraja yang belum mengetahui adanya UUPK serta struktur hukumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Perlindungan Hukum, Konsumen, dan Informasi Menyesatkan. |
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > KZ Law of Nations |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Diah Anggreni Dewi |
Date Deposited: | 26 Jul 2020 03:03 |
Last Modified: | 26 Jul 2020 03:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2298 |
Actions (login required)
View Item |