Dandi Suardika, I Made (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2229021001-COVER.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229021001-ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229021001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229021001-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan video animasi interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas vii ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menerapkan desain penelitian treatment by level pada siswa kelas VII SMP N 6 Singaraja tahun pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 11 kelas. Dengan menggunakan teknik random sampling, empat kelas ditentukan sebagai sampel dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tes kemampuan berpikir kritis dan data tes kemampuan pemecahan masalah. Tes kemampuan berpikir kritis bertujuan untuk mengetahui tingkat kekritisan dari siswa tersebut. Sedangkan, tes kemampuan pemecahan masalah betujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah. Data dianalisis dengan menggunakan Anava Dua Jalur dan dilanjutkan dengan Uji Turkey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan video animasi interaktif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problem based learning berbantuan video animasi interaktif dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dan (4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembeajaran problem based learning berbantuan video animasi interaktif dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, dan Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Made Dandi Suardika |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 00:54 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 00:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |