Candani, Ni Wayan Cintya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MONOPOLI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI BERTEMAN DALAM KERAGAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 18 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2011031191-COVER)
2011031191-Cover.pdf Download (976kB) |
![]() |
Text (2011031191-ABSTRAK)
2011031191-Abstrak.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text (2011031191-BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031191-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text (2011031191-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031191-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2011031191-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031191-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2011031191-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031191-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2011031191-BAB 5 PENUTUP)
2011031191-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2011031191-DAFTAR PUSTAKA)
2011031191-Daftar Pustaka.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text (2011031191-LAMPIRAN)
2011031191-Lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun game monopoli berbasis kearifan lokal materi berteman dalam keragaman mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 18 Pemecutan. (2) mengetahui validitas game monopoli berbasis kearifan lokal materi berteman dalam keragaman mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 18 Pemecutan. Ditinjau dari rancang bangun, materi pembelajaran, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. (3) Serta untuk mengetahui efektivitas game monopoli berbasis kearifan lokal materi berteman dalam keragaman mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 18 Pemecutan Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa serta kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media game monopoli menggunakan model ADDIE dengan berbantuan aplikasi canva, adobe animate, file mpi component, 2) Kualitas Video Pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi materi pelajaran sebesar 95% (Sangat Baik), uji ahli desain instrusional sebesar 93,75% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 100% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 92% (Sangat Baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,6% (Sangat Baik). (3) Efektivitas Video Pembelajaran berdasarkan hasil uji t satu sample diperoleh thitung = 9,718 kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu 2,042. Dengan demikian, thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media game monopoli berbasis kearifan lokal efektif diterapkan pada pelajaran Bahasa Indonesia materi berteman dalam keragaman kelas II di SD Negeri 18 Pemecutan..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Monopoli, Kearifan lokal, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Cintya Candani |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 03:37 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 03:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |