PENGARUH PENYERTAAN ILUSTRASI GAMBAR DALAM SOAL GEOMETRI BIDANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Pratiwi, Ni Putu Diah Ari (2025) PENGARUH PENYERTAAN ILUSTRASI GAMBAR DALAM SOAL GEOMETRI BIDANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011011_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011011_ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011011_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011011_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011011_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011011_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011011_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011011_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematis, khususnya pada soal geometri bidang, menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu pemicu hal tersebut adalah keterbatasan siswa dalam merepresentasikan soal ke dalam bentuk visual. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang diberikan soal geometri bidang dengan ilustrasi gambar lebih tinggi dibandingkan tanpa ilustrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dan menggunakan desain posttest only control group design. Populasi penelitian terdiri atas 344 siswa kelas IX reguler SMP Negeri 4 Singaraja, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian melibatkan dua kelas, yaitu kelas IX Cempaka (kelas eksperimen) sebanyak 37 siswa dan kelas IX Melati (kelas kontrol) sebanyak 34 siswa. Pada kelas eksperimen, siswa diberikan soal geometri bidang yang disertai ilustrasi gambar, sedangkan pada kelas kontrol diberikan soal yang tidak disertai ilustrasi gambar. Instrumen utama penelitian berupa tes essay, didukung oleh kuesioner sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata skor posttest sebesar 43,73, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor sebesar 29,71. Hasil uji hipotesis yang menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasikan adanya pengaruh signifikan dari penyertaan ilustrasi gambar terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Berdasarkan temuan tersebut, dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang diberikan soal geometri bidang dengan ilustrasi gambar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan soal tanpa ilustrasi gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ilustrasi gambar, geometri bidang, kemampuan pemecahan masalah matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Diah Ari Pratiwi
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:59
Last Modified: 07 Feb 2025 06:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23081

Actions (login required)

View Item View Item