Edi, Komang (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI PERHOTELAN 6 SMK NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2016011033-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2016011033-ABSTRAK.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2016011033-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK melalui materi bolavoli pada peserta didik kelas XI Perhotelan 6 SMK Negeri 1 Sawan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis IT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Perhotelan 6 SMK Negeri 1 Sawan yang berjumlah 32 peserta didik. Data diambil dengan cara tes tulis dan tes praktik terhadap gerakan teknik dasar passing atas dan passing bawah dengan format asesmen teknik dasar passing atas dan passing bawah pada aspek kognitip, aspek psikomotor dan aspek afektif. Data di analisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar (PJOK) materi bolavoli pada peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis IT yang dapat dilihat dari peningkatan secara klasikal dari siklus I tuntas (68,75%) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (87,5). Jadi model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis IT dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi bolavoli pada peserta didik kelas XI Perhotelan 6. Untuk itu disarankan bagi guru untuk memilih model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis IT pada penelitian tindakan kelasnya jika ingin mengatasi masalah hasil belajar dan keaktifan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning ,IT, Hasil Belajar, Bolavoli, Passing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Komang Edi Priayoga |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 07:44 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 07:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |