Maria, mah (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TALABIU KABUPATEN BIMA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139031018-Cover.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139031018-Abstrak.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2139031018-BAB I Pendahuluan.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2139031018-BAB II Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2139031018 - BAB III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031018- BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2139031018 - BAB V Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031018- Daftar Pustaka.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139031018-Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan buku ajar berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu 10 tahapan menurut Borg dan Gall. Subyek penelitian 23 siswa SD Negeri Talabiu kelas IV. Instrumen terdiri dari Angket dan soal tes. Analisis data kevalidan dan kepraktisan produk menggunakan rumus persentase. Analisis keefektifan dengan menggunakan rumus ketuntasan klasikal berdasarkan nilai KKM (70) untuk kedua aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan dinilai valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa dengan ketuntasan belajar siswa untuk aspek numerasi sebesar 74% dan aspek komunikasi matematis sebesar 61%. Buku ajar memiliki karakteristik: 1) buku ajar disajikan dengan menggabungkan konsep matematika dengan konteks budaya lokal, 2) disajikan dalam bentuk tabel/gambar/bagan sehingga dapat melatih kemampuan analisis, interpretasi, dan pengambilan simpulan siswa. 3) Permasalahan dalam buku ajar ini berupa permasalahan matematika sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. 4) Uraian pemecahan masalah disajikan secara detail sehingga siswa lebih mudah memahami langkah demi langkah dalam memecahkan masalah yang diberikan sehingga dapat mengasah kemampuan komunikasi matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Ajar, Etnomatematika, Numerasi, Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | MARIAMAH,M.Pd |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 05:38 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 05:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |