Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Kesenian Bumbung Kepyak di Jembrana

Widiana, I Kadek Dipa (2025) Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Kesenian Bumbung Kepyak di Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015051030-COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015051030-ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015051030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015051030-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Film animasi 3 dimensi Kesenian Bumbung Kepyak di Jembrana menceritakan tentang keunikan Kesenian Bumbung Kepyak di Jembrana yang berjudul “Bumbung Kepyak Uniknya Kesenian Menyatukan Kebersamaan”. Dimana kesenian bumbung kepyak merupakan kesenian khas Jembrana yang memilki keunikan pada alat musik yang digunakan terbuat dari bambu dan seorang Jagabaya yaitu penjaga bersenjata klewang yang bertugas menjaga penari dan celempik sebuah lilin tradisional pada saat pementasan sedang berlangsung. Film animasi pengembangan Kesenian Bumbung Kepyak di Jembrana memiliki tujuan yakni 1) Menghasilkan film animasi 3 dimensi sebagai media informasi untuk memperkenalkan kesenian Bumbung Kepyak di Jembrana dan 2) Untuk mengetahui tanggapan penonton terhadap film animasi 3 dimensi Kesenian Bumbung Kepyak di Jembrana. Pengembangan film ini menggunakan model penelitian MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap Concept melibatkan perumusan konsep film, diikuti oleh tahap Design, yang mencakup perancangan ide cerita, storyboard, dan karakter. Material Collecting adalah proses pengumpulan materi konten, sementara Assembly berfokus pada penggabungan semua elemen yang telah dikumpulkan. Tahap akhir terdiri dari Testing dan Distribution, yaitu pengujian serta penyebarluasan film kepada audiens. Dalam proses pembuatannya, film ini melalui 3 tahap produksi utama, yaitu; 1)Pra Produksi yang mencapkup pengembangan ide cerita, penulisan naskah, perancangan karakter, perancangan latar belakang, serta pembuatan storyboard, 2) Produksi yang melibatkan proses modelling, texturing, rigging, skinning, animation, lighting, dan rendering, 3) Pasca Produksi yang berfokus pada penggabungan video untuk menghasilkan film yang siap dipublikasi. Hasil akhir dari pengembangan film animasi 3 dimensi berjudul "Bumbung Kepyak: Uniknya Kesenian Menyatukan Kebersamaan" telah melalui beberapa tahap pengujian. Uji ahli isi memperoleh hasil sebesar 100%, sementara uji ahli media juga mencapai persentase 100%. Selain itu, uji respons pengguna yang melibatkan masyarakat Jembrana dalam rentang usia 13–45 tahun menghasilkan skor rata-rata sebesar 47,76 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan film animasi 3 dimensi tentang Kesenian Bumbung Kepyak di Jembrana diterima dengan sangat baik oleh responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: film, animasi 3 dimensi, kesenian bumbung kepyak, jembrana
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I KADEK DIPA WIDIANA
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:42
Last Modified: 11 Feb 2025 07:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23171

Actions (login required)

View Item View Item