Cahyaningrum, Kadek Ayu Kusuma (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DALAM TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DAN BERAKHLAK MULIA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2323011003-COVER.pdf Download (946kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2323011003-ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2323011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2323011003-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis problem based learning berorientasi social emotional learning dalam tri hita karana untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memenuhi kualitas valid, praktis dan efektif serta mendeskripsikan learning trajectory dari penggunaan e-modul ini. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Baktseraga dan SDN 6 Panji pada semester ganjil tahun ajar 2024/2025. Prosedur pengembangan mengikuti alur penelitian desain tipe studi pengembangan dengan model Plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu preliminary research, prototyping, dan assessment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, angket, teknik tes berupa pre-test dan post-test. Data yang dihasilkan dari angket dan tes kemudian dianalisis dengan mencari skor rata-ratanya dan diinterpretasikan menggunakan kriteria yang dirujuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) e-modul interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kualitas valid dengan skor rata-rata 4,6 yang berapa pada katagori sangat valid, 2) tingkat kepraktisan e-modul dilihat dari skor rata-rata angket kepraktisan yang diisi oleh guru dan siswa pada tahap uji coba terbatas, uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II dengan skor rata-rata guru secara berturut-turut adalah 75,00%,81,76%,90,00% (sangat praktis) dan skor rata-rata siswa secara berturut-turut adalah 74,08%,78,98%,85,13% (sangat praktis), 3) tingkat efektivitas e-modul dilihat dari hasil pre-test dan post-test dan lembar penilaian observasi karakter yang diisi oleh guru. Hasil pre-test dan pos-tets pada SDN 1 Baktisegara secara berturut-turut adalah 21,41 dan 85,18 dan pada SDN 6 Panji secara berturut-turut adalah 45,14 dan 86,00. Peningkatan karakter berakhlak mulia juga terlihat dari hasil analisis lembar observasi karakter yang menunjukkan perubahan yang positif dari sebelum penggunaan dan setelah penggunaan e-modul. Pada seluruh tahap uji coba hingga implementasi karakter berakhlak mulia yang mulanya berada pada katagori “berkembang” menjadi “membudaya”. Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis problem based learning berorientasi social emotional learning dalam tri hita karana telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan berakhlak mulia siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul interaktif, social emotional learning, problem based learning, pemecahan masalah, berakhlak mulia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Kadek Ayu Kusuma Cahyaningrum |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 06:51 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 06:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |