Ningrum, Maharani Ayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329041007-COVER.pdf Download (965kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041007-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041007-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran digital dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena dapat diakses diamanapun dan kapanpun. Namun pada kenyataan, penggunaan media pembelajaran digital yang terintegrasi sangat minim digunakan di sekolah dasar. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis web google sites yang valid, praktis dan efektif pada pembelajaran IPAS topik Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VI untuk meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan model ADDIE dengan kuesioner dan tes. Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran IPAS dan objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas. Uji coba produk dilaksanakan oleh uji ahli, guru dan siswa. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner validitas, kuesioner kepraktisan dan tes hasil pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji-t yaitu paired samples test. Hasil penelitian adalah validitas isi instrumen melalui ahli materi 97% dan validitas ahli media 95%. Tingkat kepraktisan media pembelajaran berbasis web google sites oleh guru pada skala daya tarik, mencapai nilai rata-rata 2,43 (excellent), skala kejelasan mencapai nilai rata-rata 2,43 (excellent), skala efisiensi mencapai nilai rata-rata 2,50 (excellent), skala ketepatan mencapai nilai rata-rata 2,43 (excellent), skala stimulasi mencapai nilai rata-rata 2,50 (excellent), dan skala kebaruan mencapai nilai rata-rata 1,61 (excellent). Tingkat kepraktisan media pembelajaran berbasis web google sites oleh siswa pada skala daya tarik, mencapai nilai rata-rata 2,23 (excellent), skala kejelasan mencapai nilai rata-rata 2,20 (excellent), skala efisiensi mencapai nilai rata-rata 2,33 (excellent), skala ketepatan mencapai nilai rata-rata 2,38 (excellent), skala stimulasi mencapai nilai rata-rata 2,35 (excellent), dan skala kebaruan mencapai nilai rata-rata 1,70 (excellent). sehingga layak dan praktis untuk digunakan. Berdasarkan pretest dan posttest terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari rata-rata 42 menjadi 90. Dengan demikian media pembelajaran berbasis web google sites yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media Pembelajaran, Web Google Sites, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | MAHARANI AYU NINGRUM |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 07:05 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 07:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |