Subarjo, Michael Doony Pradana (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS II KECAMATAN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041002-COVER.pdf Download (667kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041002-ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041002-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Donny Pradana Subarjo, Michael (2025), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Il Kecamatan Gianyar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S. Kata-kata kunci: problem based learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir krtitis dan hasil belajar. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus Il Kecamatan Gianyar sebanyak 151 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen yaitu SDN 3 Abianbase dan kelas kontrol SDN 2 Abianbase. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only control group design. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dengan instrumen tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Data dianalisis menggunakan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA pada nilai sig. 0,01 < 0,05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada nilai sig. 0,01 < 0,05; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA pada sig. 0,01 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis menggunakan MANOVA, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA, serta berpengaruh signifikan secara terpisah terhadap masing-masing kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA (p < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Michael Donny Pradana Subarjo |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:16 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |