PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI

Purnama, Made Nita (2025) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329121003-COVER.pdf

Download (358kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329121003-ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329121003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329121003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329121003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329121003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329121003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329121003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329121003-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kebugaran jasmani antara peserta didik yang mengikuti permainan tradisional bentengan dan hadang, selain itu untuk mengetahui pengaruh interaksi antara permainan tradisional dan motivasi terhadap hasil belajar kebugaran jasmani, pada peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dan rendah. Penelitian menggunakan quasi-eksperiment yang dirancang berdasarkan treatment by level 2x2. Perbandingan penelitian yang dilakukan di SD 1 Temukus ini melibatkan peserta didik kelas 4, 5 dan 6 yang dipilih secara acak dari populasi sebanyak 76 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti model permainan tradisional bentengan lebih baik dibandingkan dengan model permainan tradisional hadang (F= 12,570; p-value < 0,05); (2) terdapat interaksi antara model permainan tradisional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kebugaran jasmani (F= 7,497; p-value < 0,05); (3) hasil belajar peserta didik yang mengikuti model permainan tradisional bentengan lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti model permainan tradisional hadang dengan motivasi belajar tinggi ( p-value < 0,05 ); (4) hasil belajar peserta didik yang mengikuti model permainan tradisional bentengan lebih rendah daripada peserta didik yang mengikuti model permainan tradisional hadang dengan motivasi belajar rendah (p-value < 0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu permainan tradisional bentengan merupakan salah satu model permainan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar kebugaran jasmani dengan mempertimbangkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, permainan tradisional, motivasi, kebugaran jasmani
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Made Nita Purnama
Date Deposited: 14 Feb 2025 10:35
Last Modified: 14 Feb 2025 10:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23320

Actions (login required)

View Item View Item