PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS VI ABIANSEMAL

Artini, Ni Nyoman (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS VI ABIANSEMAL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041069-COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041069-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041069-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran konvensional yang sering digunakan di sekolah dasar cenderung berpusat pada guru dan kurang memberikan peluang bagi siswa untuk berkolaborasi dan belajar secara aktif. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abiansemal, yang terdiri dari kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan model TGT dan kelompok kontrol yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen, melibatkan analisis data kuantitatif melalui uji normalitas, homogenitas, ANOVA, dan MANOVA untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diajarkan dengan model TGT dan kelompok siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Rata-rata skor kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA siswa pada kelompok TGT berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan kelompok konvensional berada pada kategori tinggi. Model TGT terbukti mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung interaksi sosial, meningkatkan motivasi siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model TGT dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti kolaborasi dan berpikir kritis, sehingga direkomendasikan untuk diimplementasikan secara luas di sekolah dasar dan dikembangkan lebih lanjut pada jenjang pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), kemampuan kolaborasi, hasil belajar IPA, pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: NI NYOMAN ARTINI
Date Deposited: 15 Feb 2025 12:01
Last Modified: 15 Feb 2025 12:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item