Swastika, Putu Nado (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS PEER TUTORING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINGKING SISWA DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041009-COVER.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041009-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2114041009-BAB.I.PENDAHULUAN.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2114041009-BAB.II.KAJIAN.TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2114041009-BAB.III.METODELOGI.PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041009-BAB.IV.HASIL.DAN.PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2114041009-BAB.V.PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041009-DAFTAR.PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041009-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Salah satu ciri dari pembelajaran di abad ke-21 adalah siswa mampu mengembangkan keterampilan critical thingking, karena keterampilan ini akan menuntun mereka untuk mengatur proses berpikir secara kritis dan kreatif. Namun pada kenyataannya, pembelajaran konvensional dalam Pendidikan Pancasila hingga saat ini belum terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan critical thingking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis peer tutoring terhadap keterampilan critical thingking siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini secara metodologis menggunakan penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control grup. Sampel penelitian ini, sebanyak 76 siswa dari populasi sebanyak 393 siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini mencakup data keterampilan critical thingking siswa yang diperoleh melalui tes keterampilan critical thingking siswa dan data pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh melalui hasil observasi. Data hasil penelitian ini juga dianalisis secara deskriptif dan infrensial melalui teknik analisis Independen Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis deskriptif, nilai rerata keterampilan critical thingking siswa yang belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi berbasis peer tutoring berkualifikasi sangat baik (M = 91,47, SD = 5,913). Sedangkan, nilai rerata keterampilan critical thingking siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional berkualifikasi baik (M = 88,53, SD = 5,675). Berdasarkan pada hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan Independen Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis peer tutoring terhadap keterampilan critical thingking siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 1 Singaraja (nilai signifikansi 0,030 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berdiferensiasi, Peer Tutoring, Critical Thingking |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Putu Nado Swastika |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:03 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 01:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |