Yuniari, Desak Putu (2025) Pengembangan Video Animasi Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031141-COVER.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031141-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031141-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031141-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031141-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031141-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (995kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031141-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031141-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031141-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun video animasi berbasis etnomatematika Bali, untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan video animasi berbasis etnomatematika Bali dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan metakognitif siswa kelas V SD pada materi luas daerah bangun datar. Subjek penelitian ini adalah media video animasi berbasis etnomatematika Bali dan objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas video animasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes uraian. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis rancang bangun dilakukan berdasarkan kebutuhan siswa, analisis validitas produk menggunakan rumus mean, analisis kepraktisan menggunakan rumus persentase dan analisis keefektifan menggunakan uji-t berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun menghasilkan media video animasi berbasis etnomatematika Bali ; (2) validitas produk yang telah dihasilkan memperoleh nilai rata rata untuk media sebesar 3,8 dan materi 3,26 yang artinya produk mendapat predikat sangat layak ; (3) kepraktisan produk memperoleh hasil penilaian uji perorangan sebesar 92% (sangat baik) dan uji kelompok kecil 94%(sangat baik); (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkolerasi menunjukan angka 0,000 atau p < 0,05 sehingga media video animasi berbasis etnomatematika Bali materi luas bangun datar efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan metakognitif siswa kelas V SD Negeri 3 Alasangker. Berdasarkan hal tersebut, rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini difokuskan pada perbaikan media pembelajaran dengan memperhatikan integrasi budaya Bali secara lebih mendalam, memfokuskan desain interaktif yang ramah anak, serta pengembangan aktivitas yang dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memiliki kemampuan metakognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Etnomatematika Bali, Berpikir Kritis, Metakognitif, Bangun Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Desak Putu Yuniari |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 00:27 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 00:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |