Apricillia, Ni Nengah Diah Elsa (2025) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA BALI PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS V SD ERA KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031167-COVER.pdf Download (768kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031167-ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031167-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031167-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031167-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031167-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031167-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031167-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031167-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, kevalidan, kepraktisan dan efektivitas mobile learning berbasis etnomatematika Bali pada materi luas bangun datar serta meningkatkan kemampuan numerasi dan keterampilan metakognitif siswa kelas V SD. Subjek dalam penelitian ini adalah produk mobile learning berbasis etnomatematika Bali untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan keterampilan metakognitif. Objek penelitian adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas mobile learning berbasis etnomatematika Bali. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes uraian dan kuisioner. Rancang bangun bersumber dari analisis kurikulum, kebutuhan dan karakteristik siswa. Data validitas bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi matematika SD. Data kepraktisan bersumber dari siswa kelas V menggunakan uji perorangan dan uji kelompok kecil. Data efektivitas bersumber dari pelaksanaan pre-test post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas produk yang telah dihasilkan memperoleh nilai rata rata untuk media sebesar 3,8 dan materi 3,7 (sangat layak) ; (2) kepraktisan produk memperoleh hasil penilaian uji perorangan sebesar 92% (sangat baik) dan uji kelompok kecil 93% (sangat baik); (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t menunjukan angka 0,001 atau p < 0,05 sehingga mobile learning berbasis etnomatematika Bali pada materi luas bangun datar efektif meningkatkan kemampuan numerasi dan keterampilan metakognitif siswa kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mobile learning berbasis etnomatematika Bali pada materi luas bangun datar yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan keterampilan metakognitif siswa, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Learning, Etnomatematika Bali, Kemampuan Numerasi, Keterampilan Metakognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nengah Diah Elsa Apricillia |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 06:39 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |