Sukadana, I Komang Agus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKER DIGITAL MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031397-COVER.pdf Download (987kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031397-ABSTRAK.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031397-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031397-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031397-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031397-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031397-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031397-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031397-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media digital fun thinker materi perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu: 1) tahap analisis (analyze), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (development), 4) tahap implementasi (implementation), dan 5) tahap evaluasi (evaluation). Objek dalam penelitian ini adalah validasi aktivitas pembelajaran berbantuan media digital fun thinker materi perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 orang siswa yang terbagi dalam kelas III B. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah 4 orang ahli, 2 praktisi, dan 1 rombel siswa kelas III SD Negeri 1 Baktiseraga, sedangkan objek penelitian yaitu media pembelajaran fun thinker digital materi perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup pada muatan IPA. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawanncara dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran media pembelajaran fun thinker digital materi perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup pada muatan IPA (2) media fun thinker digital dengan penilaian ahli materi sebesar 0,89 dan ahli media sebesar 0,95 dengan validitas sangat tinggi., (3) memperoleh respons praktisi sebesar 96,67%, respons siswa dalam uji coba perorangan sebesar 92,33 %, dan respons siswa dalam uji coba kelompok kecil sebsar 98,18% dengan kualifikasi sangat baik dan (4) Kesimpulan yang dapat ditarik adalah t hitung (5,587) > t tabel (2,042), yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media fun thinker digital materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil belajar IPA, media fun thinker digital, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Komang Agus Sukadana |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 00:00 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 00:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |