Sugiantara, I Komang (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL INTERAKTIF PADA TOPIK SUMBER ENERGI MATA PELAJARAN IPA BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031350-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031350-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031350-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031350-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031350-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031350-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031350-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031350-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031350-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital interaktif berbasis Canva dalam pembelajaran IPA khususnya pada topik sumber energi, guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 ambengan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan non tes selain itu juga ada metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan validitas pengembangan media komik digital interaktif, penulis menguji media dengan dua ahli media pembelajaran, dua ahli materi dan dua ahli desain pembelajaran. Uji ahli media memperoleh nilai rata-rata 0,95 yang tergolong validitas tinggi, uji ahli materi memperoleh nilai rata-rata 0,94 yang tergolong validitas tinggi dan uji ahli desain pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 0,90 juga tergolong validitas tinggi. Media komik digital interaktif yang sudah diuji validitasnya kemudian di uji kepraktisanya kepada praktisi atau guru yang memperoleh nilai 92% yang artinya tingkat persentase sangat baik, uji coba kelompok kecil yang diuji pada kelas III memperoleh nilai 93,33% yang artinya Tingkat persentase sangat baik da uji coba kelompok besar yang juga diuji pada kelas III memperoleh nilai 90.46% yang artinya tingkat persentase sangat baik. Uji efektivitas yang dilakukan pada kelas III SD Negeri 1 Ambengan yang berjumlah 17 orang siswa melalui uji-t berkorelasi memperoleh nilai signifikan (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001. Hasil tersebut menunjukkan besar signifikan lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. data menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa komik digital interaktif berbasis Canva terbukti valid, layak, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Komik Digital Interaktif, Sumber Energi, Hasil Belajar, ADDIE, Canva. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Komang Sugiantara |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 05:25 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 05:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |