Septiari, Ni Kadek (2025) PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD PADA MUATAN IPAS MATERI GAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031046_COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031046_ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031046_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031046_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031046_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031046_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031046_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031046_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031046_LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemandirian dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini memiliki empat tujuan utama, yaitu: (1) mengembangkan prototipe Learning Management System (LMS) berbasis pembelajaran metakognitif, (2) menganalisis validitas isi LMS, (3) mengevaluasi respons siswa terhadap LMS, dan (4) mengukur efektivitas LMS berbasis pembelajaran metakognitif dalam meningkatkan kemandirian serta kemampuan berpikir kritis siswa SD pada muatan IPAS dengan materi gaya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah LMS berbasis pembelajaran metakognitif, sedangkan objek penelitian mencakup validitas isi media, desain pembelajaran, isi materi, respons siswa, dan efektivitas media. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan soal esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LMS berbasis pembelajaran metakognitif memperoleh indeks validitas sebesar 0,995 yang termasuk dalam kategori validitas isi tinggi, (2) desain pembelajaran LMS memperoleh indeks validitas sebesar 0,984 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (3) isi materi LMS memperoleh indeks validitas sebesar 0,986 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, dan (4) uji-t berkorelasi menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 atau p < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, baik untuk kemandirian maupun kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, LMS berbasis pembelajaran metakognitif terbukti efektif dalam meningkatkan kemandirian serta kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian, Kemampuan Berpikir Kritis, Learning Management System, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Septiari |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 01:35 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 01:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |