Wiweka, I Kadek Angga Yatha (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN METAKOGNITIF PADA MATERI METAMORFOSIS SEMPURNA UNTUK MENGURANGI DISONANSI KOGNITIF DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPLEKS SISWA KELAS III SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031151-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031151-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031151-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031151-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031151-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031151-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031151-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031151-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031151-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran assemblr edu augmented reality dalam pembelajaran metakognitif pada topik metamorfosis sempurna untuk mengurangi disonansi kognitif dan meningkatkan kemampuan berpikir kompleks siswa kelas III SD yang diuji tingkat validitas media, kepraktisan media dan efektivitas media. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasion, and Evaluation). Menggunakan strategi metakognitif mengacu pada kegiatan berpikir tentang berpikir, yaitu merupakan kegiatan mengontrol secara sadar tentang proses kognitifnya sendiri. Aspek metakognitif terdiri dari planning, monitoring, evaluating. Metode pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner dan tes uraian.kepada siswa serta melakukan wawancara dengan wali kelas.Validitas media dilakukan oleh 4 ahli media dan 4 ahli materi IPA SD. Kepraktisan (respon siswa) media dilakukan oleh 24 siswa kelas III. Pengujian efektivitas media menggunakan desain one group pretest posttest dengan jumlah sampel sebanyak 24 siswa kelas III. Hasil dari data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran assemblr edu memiliki skor validitas ahli media 0,94 dan skor validitas ahli materi 0,93 dengan kategori tingkat validitas tinggi, kepraktisan mendapatkan skor persentase sebesar 92,88% dengan kategori sangat baik dan praktis, serta media pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan untuk mengurangi disonansi kognitif dan meningkatkan kemampuan berpikir kompleks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kompleks, Disonansi Kognitif, Metakognitif, Augmented Reality |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Angga Yatha Wiweka |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 05:26 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 05:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |