Jayanti, Ni Made Risda Kusnari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL BALI “NOGDOG” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN SENI TARI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2211034001-COVER.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2211034001-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2211034001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2211034001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2211034001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2211034001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2211034001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2211034001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2211034001-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh belum optimalnya penerapan media pembelajaran dan strategi pembelajaran yang inovatif. Dilakukannya penelitian ini sebagai solusi dan bertujuan mengembangkan media pembelajaran Flipbook berbasis Permainan Tradisional Bali Nogdog untuk meningkatkan hasil belajar muatan seni tari siswa kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan tes. Data validitas bersumber dari 2 ahli materi dan media. Data kepraktisan flipbook ini bersumber dari 2 praktisi dan 9 siswa kelas IV dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data efektivitas implementasi flipbook ini bersumber dari 34 siswa kelas IV SD. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun media pembelajaran Flipbook berbasis Permainan Tradisional Bali Nogdog dengan berbantuan website heyzine flipbook (2) validitas media flipbook dari uji ahli materi diperoleh rata-rata 3,76 dan uji ahli media diperoleh rata-rata 3,80 yang keduanya dinyatakan sangat layak, (3) kepraktisan media flipbook memperoleh persentase sebesar 100% dari respon guru dan 97,62% dari respon siswa dengan kualifikasi sangat baik, (4) efektivitas flipbook berbasis Permainan Tradisional Bali Nogdog pada muatan seni tari dengan menggunakan desain one group pre-test post-test mendapatkan hasil berdasarkan uji-t berkolerasi, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga flipbook efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil tersebut, ditunjukkan bahwa flipbook berbasis Permainan Tradisional Bali Nogdog yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipbook, Permainan Tradisional Bali Nogdog, Seni Tari, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Risda Kusnari Jayanti |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 06:44 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |