Wulandari, Putu Sintya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL MANIPULATIVES PADA MATERI FAKTA DASAR PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA DI KELAS INKLUSI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031236-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031236-ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031236-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2111031236-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031236-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031236-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031236-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR RUJUKAN)
2111031236-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031236-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengembangkan media pembelajaran berbasis Virtual Manipulatives untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa terhadap konsep dasar pembagian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan desain penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian pengembangan ini terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 9 siswa di kelas inklusi. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, observasi, dan angket, dengan instrumen berupa lembar observasi, lembar validasi ahli, dan tes evaluasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur validitas, kepraktisan, dan efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis virtual manipulatives valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa pada materi fakta dasar pembagian. Media ini mampu memberikan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa inklusi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media Virtual Manipulatives dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi tantangan pembelajaran matematika di kelas inklusi. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan inklusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | virtual manipulatives, pembelajaran matematika, kelas inklusi, fakta dasar pembagian |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Sintya Wulandari |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 09:09 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 09:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |