PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI PECAHAN MUATAN MATEMATIKA SD NEGERI 7 SUKAWATI TAHUN AJARAN 2024/2025

Divayani, Made Pertiwi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI PECAHAN MUATAN MATEMATIKA SD NEGERI 7 SUKAWATI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031050-COVER.pdf

Download (774kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031050-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031050-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media video animasi berbasis masalah kontekstual merupakan media pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata siswa.guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pecahan muatan Matematika, (2) mengetahui kelayakan media video animasi berbasis masalah kontekstual guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pecahan muatan Matematika, dan (3) mengetahui efektivitas media video animasi berbasis masalah kontekstual guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pecahan muatan Matematika. (1) rancang bangun media ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). (2) kelayakan media video pembelajaran berbasis proyek berdasarkan hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 97,5%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 92,5%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 95%, uji perorangan memperoleh skor 91,6%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 95% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas media video animasi berbasis masalah kontekstual muatan Matematika materi Pecahan diperoleh thitung sebesar 12,098. Harga thitung tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan diketahui dk = n-1=13-1=12 adalah sebesar 1,782. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (12,098 > 1,782), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi berbasis masalah kontekstual pada materi pecahan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis masalah kontekstual ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 7 Sukawati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: ADDIE, Video Animasi, Masalah Kontekstual, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Pertiwi Divayani
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:31
Last Modified: 20 Feb 2025 07:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item View Item