Nugraha, Made Adi (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Menjelajahi Bumi dan Antariksa Berorientasi Ekopedagogik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139031017-COVER.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139031017-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139031017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139031017-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas multimedia interaktif berorientasi ekopedagogik untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D. Subjek pada penelitian ini berjumlah 131 siswa, 7 guru, dan 9 ahli. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi untuk semua tahapan penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman wawancara dan kuesioner untuk menentukan karakteristik produk yang dikembangkan, kuesioner sebagai instrumen validitas dan kepraktisan produk yang dikembangkan, serta tes prestasi belajar dan sikap peduli lingkungan untuk efektivitas produk yang dikembangkan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) multimedia interaktif memiliki karakteristik yang dikonstruksi dengan aplikasi articulate storyline melalui beberapa animasi dan gambar yang interaktif terkait materi yang berorientasi ekopedagogik; (ii) multimedia interaktif ini jika ditinjau dari aspek media, desain, dan materi memperoleh indeks validitas Aiken dengan kualitas sangat tinggi; (iii) multimedia interaktif oleh guru dan siswa memiliki kualifikasi sangat praktis; (iv) multimedia interaktif dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap peduli lingkungan sesuai dengan hasil analisis MANCOVA yang menunjukkan terdapat perbedaan prestasi belajar dan sikap peduli lingkungan antara kelompok siswa yang belajar melalui multimedia interaktif berorientasi ekopedagogik dibandingkan dengan belajar melalui pembelajaran konvensional setelah pengetahuan awal dikendalikan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekopedagogik, interaktif, multimedia, prestasi belajar, dan sikap peduli lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Made Adi Nugraha Tristaningrat |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 04:39 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 04:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |