Arini, Ketut (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRONUNCIATION DAN PEMAHAMAN KONTEKS PADA MATERI I WANT AN ICE CREAM CONE SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031067-COVER.pdf Download (764kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031067-ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031067-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031067-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031067-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis pendekatan kontekstual yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pronuncation dan pemahaman konteks siswa kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahap utama: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penerapan, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah media video animasi berbasis pendekatan kontekstual, sedangkan objeknya mencakup aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari produk yang dihasilkan. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen berupa angket atau kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata untuk aspek media sebesar 0,86 dan aspek materi 0,9 yang mengindikasikan produk sangat layak digunakan; (2) kepraktisan media berdasarkan respon siswa mendapatkan skor rata-rata 90,8%, yang termasuk dalam kategori sangat baik; (3) hasil uji-t berkolerasi menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 atau p < 0,05, yang berarti bahwa media video animasi efektif dalam meningkatkan pronuncation dan pemahaman siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video animasi, Pronunciation, Pemahaman, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Arini |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 09:08 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 09:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |