Ayuni, Ni Kadek Risq (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL “NGUSABA TIPAT” MATA PELAJARAN IPAS MATERI NORMA DALAM ADAT ISTIADAT DAERAHKU KELAS IV SDN 1 PEJENG KAJA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031038-COVER.pdf Download (803kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031038-ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031038-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancang bangun, mengetahui kelayakan serta efektivitas dari multimedia interaktif berbasis kearifan lokal “ngusaba tipat”. Produk diuji oleh beberapa ahli (materi, desain instruksional, dan media), praktisi, dan subjek uji coba (perorangan dan kelompok kecil). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi (a) analisis (analysis), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), (e) evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t satu sampel). Penelitian ini menghasilkan (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis kearifan lokal “ngusaba tipat” berupa multimedia interaktif yang dikembangkan sesuai flowchart dan storyboard berdasarkan alur pengembangan model ADDIE sehingga menghasilkan multimedia yang dapat diakses melalui web HTML5, (2) kelayakan multimedia interaktif dari uji ahli isi materi pelajaran dengan hasil sebesar 92,85% (sangat layak), uji ahli desain instruksional sebesar 93,75% (sangat layak), uji ahli media pembelajaran sebesar 90,90% (sangat layak), uji kepraktisan sebesar 90,62% (sangat layak), uji coba perorangan sebesar 92,35% (sangat layak), dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,44% (sangat layak), (3) efektivitas multimedia interaktif yang diperoleh berdasarkan hasil uji-t yakni thitng sebesar 3,332 dan ttabel sebesar 1,711 yang artinya thitung > ttabel, mengakibatkan penolakan pada H0 dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil penelitian ini yaitu multimedia interaktif berbasis kearifan lokal “ngusaba tipat” layak dan efektif digunakan di kelas IV SDN 1 Pejeng Kaja dalam materi norma dalam adat istiadat daerahku mata pelajaran IPAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Kearifan Lokal, Ngusaba Tipat, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Risq Ayuni |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 11:22 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 11:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |