Dewi, Gusti Ayu Anggreni Puspita (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI FOTOSINTESIS, PROSES PALING PENTING DI BUMI PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV DI SD NO. 4 BENOA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031286-COVER.pdf Download (916kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031286-ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031286-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031286-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031286-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031286-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031286-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031286-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031286-LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun produk Video Pembelajaran berbasis Discovery Learning, mengetahui kualitas Video Pembelajaran menurut penilaian ahli, uji perorangan, dan uji kelompok kecil, mengetahui efektivitas media video Pembelajaran berbasis Discovery Learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian mengemukan bahwa rancang bangun video pembelajaran berbasis Discovery Learning berupa video pembelajaran dalam bentuk link youtube/drive dengan menggunakan aplikasi Canva dan Inshot. Penilaian dari ahli rancang bangun memperoleh skor 92,5%, ahli isi/materi memperoleh skor 97,5%,ahli desain instruksional memperoleh skor 93,18%, ahli media pembelajaran memperoleh skor 92,5%, uji perorangan pada 3 orang siswa memperoleh skor 94,16% dan uji kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 93,88% dengan kualifikasi sangat baik. hasil thitung sebesar 12,967. thitung tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan pembilang n-1. Diketahui dk = (n-1) = (26-1) = 25. Harga Ttabel untuk dk 25 dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,060. Sehingga, hasil menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel oleh karena itu, Thitung 12,967 > Ttabel 2,060. maka, H0 ditolak dan H1 diterima, yang berbunyi hasil rata-rata posttest peserta didik lebih dari nilai BSKAP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis Discovery Learning efektif untuk diterapkan pada materi fotosintesis, proses paling penting di bumi pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV di SD No. 4 Benoa tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Video Pembelajaran, Discovery Learning, IPAS, Fotosintesis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Anggreni Puspita Dewi |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 11:36 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 11:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |