Gunawan, I Gede Agra (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041031-COVER.pdf Download (691kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041031-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2114041031-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041031-LAMPIRAN.pdf Download (706kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki peran dengan dua tujuan utama, yaitu : 1) Menganalisis dan mengetahui kondisi hasil dari diterapkanya model pembelajaran berbasis masalah dalam upaya memberikan peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas XII MIPA 3 di SMA Negeri 2 Banjar. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar yang ditandai dengan kurangnya kefokusan siswa, kejenuhan kelas, dan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Model PBL dipilih karena dianggap mampu dalam meningkatkan keterlibatan siswa melalui pemecahan masalah secara mandiri dan kolaboratif (kelompok). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan keterlibatan mereka, ketika siswa menjadi peserta yang lebih aktif dalam diskusi, berpikir kritis, dan menghubungkan studi mereka dengan tantangan dunia nyata. Lebih lanjut, model ini menumbuhkan rasa tanggung jawab di kalangan siswa terhadap perjalanan pendidikannya. Dalam konteks ini, guru memainkan peran penting, tidak hanya memberikan jawaban tetapi juga membimbing siswa dalam mengidentifikasi dan mengembangkan solusi. Mereka memberikan umpan balik konstruktif yang membantu siswa mengenali kekuatan dan kelemahan mereka, sehingga mendorong perbaikan dan pembelajaran berkelanjutan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Banjar khususnya pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, PBL sangat direkomendasikan karena menawarkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan dinamis dibandingkan metode tradisional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Model Pembelajaran, Motivasi Siswa, Peran Guru |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | I GEDE AGRA GUNAWAN |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 01:14 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |